BELAJAR BERSYUKUR

Kau pernah memberi seseorang. Pemberian itu hanya pemberian kecil. Seseorang itu berkomentar, “Apa yang didapatkan pemberian yang kecil”. Kau menjadi tersiksa dan orang itu juga tersiksa. Kau tersiksa komentar orang itu. Orang itu tersiksa karena menyiksa dirinya sendiri.
 
Enggak usah kau peduli dengan komentar orang yang menerimanya. Sebahagian orang memang begitu. Kalau diberi sedikit dia mengeluh. Jadi untuk apa engkau ikut pula berkeluh kesah dengan pemberiannya.
 
Biarkan keluhan dia berlalu tanpa perlu menguras energi kau memikirkan hal-hal yang enggak jelas. Kalau dia memang harus berkeluh biarkan saja. Toh enggak bakal merugikan kamu sedikit pun. Lebih kamu belajar bersyukur karena sudah mampu memberi dalam jumlah yang sedikit. Lama-lama juga menjadi bukit.
 
Kau pernah memberi seseorang, kemudian dia berbalik lagi kepadamu. Dia merasa kau orang baik. Dia kemudian berbalik dengan harapan diberi lagi. Memang begitu terkadang sifat orang. Diberi sedikit dia mengeluh, diberi banyak dia enggak puas. Sebab itu sudah tabiat dari sebahagian orang.
Tugasmu hanya memberi. Banyak sedikit bukan jadi soal. Hal terpenting kamu ikhlas dalam memberi. Banyak Alhamdulillah. Sedikit alhamdulillah.
 
#AlizarTanjung


Lebih baru Lebih lama